Tangerang Utara News- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung ‘WHOOSH’, Senin, 2 Oktober 2023, hari ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan makna akronim Whoosh yang berbeda dari sebelumnya.

“Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” kata Jokowi dalam sambutannya,
Jokowi sekali lagi menekankan, W-H-O-O-S-H dan dibaca ‘Wus’. Sementara itu, Tim Panel Sayembara Triawan Munaf dalam konferensi pers mengatakan Desain Identitas nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mengumumkan nama Whoosh pada bulan lalu.

“Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, maupun terintegrasi dengan TOD (transit oriented development),” jelas Jokowi.

Whoosh yang merupakan kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang dapat melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam.

Kereta yang menghubungkan Jakarta dan Bandung ini memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun pemberhentian yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Terkait tarif, untuk tahap pengenalan kepada masyarakat, Pemerintah sementara ini belum mengenakan tarif untuk Kereta Cepat Whoosh alias gratis. program promo tiket gratis yang bernama Whoosh Experience Program mulai 3 Oktober hingga pertengahan Oktober 2023.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *