Tangerang Utara News – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XX tahun 2023 tingkat Provinsi Banten di Lapangan Pusat Pemerintah Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Sabtu (29/7/2023) malam. Kabupaten Tangerang menjadi juara umum.

“Dengan mengucapkan Alhamdulillah hirobbil alamin, MTQ ke-XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditutup,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar juga berharap dengan berakhirnya kegiatan MTQ XX tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 dapat dilanjutkan dengan pembinaan para kafilah untuk mempersiapkan MTQ tingkat nasional nantinya.

“Tentu kita berharap setelah ini kita akan membinanya untuk nantinya mengikuti MTQ tingkat nasional dan bila memungkinkan tingkat internasional,” katanya.

Selain itu, Al Muktabar menuturkan kegiatan MTQ tersebut juga sebagai salah satu upaya yang dilakukan semua pihak dalam rangka pembangunan, baik itu pembangunan fisik dan non-fisik.

Sehingga, kata Al Muktabar, pihaknya berharap dengan momentum MTQ tersebut dapat terus menggiatkan membaca, menghafal, memahami ayat suci Al-Qur’an dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an itu sesungguhnya menjadi modal dasar kita membangun,” imbuhnya.

“Sehingga diharapkan kita dapat mencapai hal yang maksimal dalam melakukan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Provinsi Banten bersama delapan kabupaten/kota,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Serta mengucapkan selamat kepada Kabupaten Tangerang yang telah meraih peringkat juara umum pada MTQ XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023.

“Kita tidak boleh berpuas diri dengan capaian yang ada, tetapi kita harus terus giatkan hal tersebut,” jelasnya.

Sementara, dalam sambutannya Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap kegiatan MTQ XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Tangerang tersebut dapat menjadi kenangan yang istimewa bagi semua pihak.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan MTQ ini, dan kami berharap kegiatan MTQ ini dapat memberikan arti dan makna sehingga menjadi kenangan yang istimewa bagi semua pihak,” ujarnya.


Di tempat yang sama, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI Ahmad Zayadi mengatakan pembangunan bidang agama merupakan upaya dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, maju, mandiri dan sejahtera. Dan salah satunya melakui kegiatan MTQ.

“MTQ merupakan pengembangan syiar islam untuk memperkuat keimanan dan memberikan edukasi bagi umat manusia,” ucapnya dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MTQ XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023 yang telah berjalan dengan lancar, bahkan telah mendorong perkembangan transformasi digital dalam pelaksanaannya.

Saya apresiasi kepada seluruh panitia dengan penuh kesungguhan dalam melaksanakan MTQ ini , semoga kegiatan ini memberikan dampak yang besar dalam peningkatan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Al-Qur’an,” tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan keputusan pimpinan dewan hakim MTQ XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023 Nomor: 05/DH/MTQ-XX/BTN/Kep./VII/2023 tentang Penetapan Peserta Terbaik.

Juara Umum dan Peringkat Kafilah Kabupaten/Kota pada MTQ XX Tingkat Provinsi Banten tahun 2023. Kabupaten Tangerang menjadi juara umum dengan perolehan nilai 275 dan diikuti oleh Kota Tangerang Selatan pada peringkat kedua dengan nilai 240.

Selanjutnya, pada posisi ketiga Kabupaten Pandeglang dengan nilai 208, posisi keempat Kota Tangerang 165, posisi kelima Kabupaten Serang dengan nilai 165 dan posisi keenam Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon dengan perolehan nilai 71 serta posisi ketujuh Kota Serang dengan nilai 70(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *