Tangerang Utara News – Keinginan warga Desa Kebon Cau selama puluhan tahun ingin memiliki Tempat Pemakaman Umum (TPU) akhirnya terwujud, setelah Pemerintahan Desa (Pemdes) Kebon Cau Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, mengupayakan untuk menyediakan lahan pemakaman umum warga Desa Kebon Cau.

“Alhamdulilah, lahan dengan luas 4 ribu meter ini sudah kami siapkan untuk tempat pemakaman umum buat warga kami, dan saat ini dalam tahap pengurugkan tetapi sudah bisa di gunakan untuk pemakaman,” kata Kepala Desa Kebon Cau, Ahmad Nur kepada wartawan.

Namun, Ahmad Nur mengimbau kepada warganya yang akan di makamkan di TPU Desa Kebon Cau tersebut untuk tidak membangun makam secara permanen, agar tidak terjadi penumpukan dan kesemrautan pada makam.

“Apabila ada keluarga yang meninggal, terutama ketika sudah jadi makam, jangan sampai di bangun secara permanen, karena kalau di bangun nanti susah buat yang lainnya, paling tidak pake batu nisan saja cukup,”ucapnya

Sebetulnya, kata Kades Nur, sebelumnya sudah memiliki makam umum, karena waktu itu terjadi pemekaran dengan desa Babakan Asem akhirnya Desa Kebon Cau dan Desa Babakan Asem untuk pemakaman warga menjadi satu di tempat pemakaman yang sama, dan saat ini tempat pemakaman itu sudah padat, jadi Desa Kebon Cau harus mempunyai pemakaman sendiri.

“Saat itu kami Pemdes Kebon Cau berupaya untuk mengadakan lahan buat makam umum dengan melakukan pendekatan dengan instansi terkait, dan meminta bantuan kepada ketua DPRD Kabupaten Tangerang H Kholid Ismail. Alhamdulillah, terealisasi, Desa kebon Cau sudah punya sendiri lahan makam untuk warga di Kampung Cogreg RT 005/002 Desa Kebon Cau,” paparnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H Kholid Ismail atas bantuannya, sehingga keinginan warga untuk memiliki TPU Desa Kebon Cau bisa terealisasi.

“Kami Pemdes Kebon Cau mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ahmad Zaki Iskandar, sekda kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid, dan ketua DPRD kabupaten Tangerang H Kholid Ismail, serta Kadis Perkim Kabupaten Tangerang, atas terealisasinya pengadaan lahan makam di Desa Kebon Cau Kecamatan Teluknaga,” pungkasnya.(rls/srt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *