Tangerang Utara News – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi kegiatan Pekerangan Pangan Lestari (P2L) di Kebun Agradipa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/12/23). Kegiatan tersebut diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada DPKP Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Konvergensi Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting di lokus desa yang sudah ditetapkan dalam Keputusan Bupati Tangerang Keputusan Bupati Tangerang Nomor 440/250-Huk/2022 tentang Desa Prioritas Stunting.

“Diketahui, P2L merupakan konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersamaan mengusahakan lahan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi warga setempat,” ujar Munir.

Ia mengatakan sosialiasi tersebut diberikan kepada 10 perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang anggotanya merupakan Keluarga Beresiko Stunting (KBS). Kegiatan tersebut membahas teknis terkait kegiatan P2L, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan media tanam berupa sekam bakar serta pelatihan pembibitan tanaman hortikultura.

Tercatat pada tahun 2023, prevalensi balita stunting di Kabupaten Tangerang mencapai 21,1 persen, “Kami berharap dengan adanya intervensi kegiatan pemanfaatan pekerangan lestari ini angka stunting bisa turun,” pungkasnya.

(Diskominfo Kabupaten Tangerang/Fn/nA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *