Tangerang Utara News – Kota Tangerang

OSMB merupakan kegiatan penting untuk mengenal Universitas Terbuka secara keseluruhan sebanyak Kurang Lebih 300 Mahasiswa UT dari Kota Tangerang, Tangsel dan Kab. Tangerang mengikuti kegiatan ini, Antusias dan Happy dari Mahasiswa terlihat saat mengikuti OSMB.

Selain Perguruan Tinggi Negeri Ke 45, Prodi di Universitas Terbuka saat ini telah meraih akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA):
Prodi :
– S1 Manajemen
– S1 Akuntansi
– S1 Ekonomi Pembangunan
– S1 Ilmu Hukum

Sesuai VISI MISI Universitas Terbuka

Visi:

Menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Berkualitas Dunia

Misi:

Misi utama yang diamanatkan kepada UT melalui Keppres Nomor 41 Tahun 1984 yaitu UT menyediakan program pendidikan tinggi yang mudah diakses masyarakat. Selaras dengan tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi dan perkembangan lingkungan strategis, maka rumusan misi UT adalah sebagai berikut.

– Meningkatkan daya tampung perguruan tinggi negeri;
– Meningkatkan pemerataan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia;
– Mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat;
– Mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan pendidikan jarak jauh untuk mendukung pembangunan nasional dan global.

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984. Bertujuan untuk mengatasi ledakan lulusan SLTA yang tidak dapat terserap baik dalam dunia kerja maupun perguruan tinggi, Presiden pada saat itu mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1984 sebagai landasan berdirinya UT. Pendirian UT dimaksudkan untuk menjawab dua isu besar dalam dunia pendidikan pada masa itu, yakni rendahnya mutu atau kualitas guru serta terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. Selaras dengan semangat gerakan pendidikan terbuka dan jarak jauh yang mulai menggema di kancah dunia melalui berdirinya The Open University di Inggris, Universitas Terbuka mengusung semangat akses pemerataan pendidikan tinggi di kancah nasional.

Nama “Universitas Terbuka”, terinspirasi dari nomenklatur The Open University di Inggris, mencerminkan semangat yang diusung dalam menyelenggaran sistem pendidikannya, yakni Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Terbuka merepresentasikan semangat “mencerdaskan kehidupan bangsa” yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Semangat ini menjadi landasan filosofis bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara yang tidak dibatasi oleh usia dan masa belajar—di masa sekarang sering dikenal dengan semangat “belajar seumur hidup”. Semangat terbuka ini juga dibarengi dengan konsep pendidikan jarak jauh yang memudahkan siapa saja untuk mendapatkan akses pendidikan tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.

Kita Harus Bangga Menjadi Bagian dari Almamater Universitas Terbuka Ujar salah Satu Mahasiswa Peserta OSMB.

(Faisal)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *