Tangerang Utara News-Misi kemanusiaan Palang Merah Indonesia PMI Kabupaten yang membuka pengobatan gratis di Kampung Cibereum Kaler Deaa Cibereum Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat, di sambut antusian warga.

Warga langsung berkumpul dan datang silih berganti untuk berobat di posko pengobatan gratis yang di gelar PMI Kabupaten Tangerang. Jumat (2/12/2022).

Kedatangan tim relawan kemanusiaan sudah dinanti semenjak mobil pengangkut tim medis PMI datang di kampung tersebut, warga yang masih tinggal di tenda-tenda pengungsian tersebut, umumnya sudah berada di pengungsian selama lebih dari satu pekan semenjak peristiwa gempa terjadi.

Berbagai macam keluh kesah terkait kesehatam langsung di uatarakan warga, saat mereka mendatangi posko kesehatan tersebut.

Batuk demam dan pegal serta sakit kepala dan diare menjadi bagian yang paling banyak di keluhkan oleh warga korban gempa ini, warga yang datang di posko kesehatan korban bencana ini, mulai dari balita hingga lansia.

Aos 55 tahun warga cibereum mengangatakan kalau dirinya sudah beberaoa hari ini mengalami batuk flu, apalagi saat ini masih mendiami tenda pengungsian.

“Batuk flu dan demam sudah menerjang dirinya semenjak beberapa hari ini, maaih ngungsi karena gemla masih kerap terjadi, tinggal di tenda bersama anggota keluarganya,” terangnya, Jumat (2/12).

Aos mengakui, sangat membantu adanya pengobatan gratis ini, karena memang waega sangat membutuhkan.

“Bantuan terus berdatangan untuk para korban gempa, namun untuk kesehatan ini yang pertama, sembako dan makan juga pakaian layak pakai sudah banyak dan kita masih butuh air  bersih kebutuban MCK dan terpal,” papar Aos.

Supendi Ketua RT 05 Cibereum mengatakan kalau keberadaan posko kesehatan sangat membantu warga, kita menyadari berbagai bantuan sudah sampai di Cianjur, namun kita juga sangat membutuhkan obat-obatan dan pengobatan, karena warga banyak yang sakit.

“Bersyukur ada bantuan tin kesehatan, warga sudah mengalami sakit karena capek dan lelah tinggal di pengungsi, ada juga mengalami gatal gatal dan flu disertai batuk batuk,” terangnya.

Sementara itu tim relawan PMI Kabupaten Tangerang Zainal Muttaqin mengatakan
Infeksi saluran pernapasan atau ISPA menjadi salahbsatu keluhan kesehatan yang dominan di akui warga, batuk dan flu juga ada korban luka menjadi hal yangbdi sampaikan warga.

“200 lebih warga langsung berobat saat posko kesehatan gratis di buka PMI dan hari ini bukan yang terakhir, karena besok akan berlanjut,” terang Kepala UDD PMI Kabupaten Tangerang.

Dok Boy panggilan akrab sang dokter ini mengingatkan warga korban gempa untuk selalu mengisi perut untuk mengindari fisik yang lemah dan menjaga kebersihan dan sanitasi selama di pengungsian.

“Masyarakat akan mudah terserang penyakit kalau perut dalam keadaan kosong, jadi perlu untuk selalu mengkonsumsi makanan dan juga menjaga kebersihan dilookasi pengungsian,” paparnya.(SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *