Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Dr Andi Ony P, M.Si membuka acara Tangerang Economic Sharing Session (TESS) yang merupakan rangkaian perayaan HUT ke-391 Kabupaten Tangerang. Acara tersebut digelar di The Spring Ballroom Summarecon. Rabu, (11/10/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tangerang mengungkapkan bahwa Tangerang Economic Sharing Season merupakan salah satu sarana bentuk dialog dan diskusi untuk menentukan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tangerang dengan melihat berbagai potensi lokal yang saat ini kurang lebih 70% masyarakatnya bercirikan perdesaan.

“Tangerang Economic Sharing Season ini merupakan kegiatan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini adalah dalam rangka untuk menggali, mengevaluasi dan kemudian untuk mengantisipasi serta mencari solusi hal-hal apa yang kiranya dapat kita cari untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ungkap Pj Andi Ony.

Dia menandaskan, perencanaan maupun pelaksanaan program pembangunan perlu melibatkan peran serta aktif semua pihak baik itu pemerintah daerah, akademisi, masyarakat, media massa maupun pihak lainnya.

“Masyarakat kita yang perlu kita libatkan. Kita bisa belajar dari daerah lain, misalnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah yang bisa mengembangkan UMKM serta mampu mengolah sampah menjadi sebuah proses industri yang bisa memperkerjakan seluruh masyarakat yang ada di wilayah,” tandasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data dari BPS, pertumbuhan ekonomi Kabupaten
Tangerang pada Oktober 2023 mengalami kenaikan yang setelah pandemi Covid-19 mengalami kontraksi di tahun 2020 sebesar 3,75%. selanjutnya di tahun 2020 tumbuh positif, tahun 2021 mengalami kenaikan sekitar 4,63% dan tahun 2022 secara keseluruhan naik menjadi 5,47%.

“Secara rinci sektor terbesar yang memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tangerang adalah sektor akomodasi sebesar 8,34%, konstruksi sebesar 8,25%, sektor transportasi dan pergudangan sebesar 7,86% kemudian sektor jasa lainnya sebesar 7,7% serta informasi dan komunikasi sebesar 6,85%,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual mengucapkan selamat Hari Jadi ke-391 untuk Kabupaten Tangerang. Dia mengatakan, Kabupaten Tangerang menjadi tempat berkumpul dan tumbuhnya berbagai budaya inovasi yang tentunya mendorong masyarakatnya untuk terus memperkuat potensi melalui berbagai pengembangan potensi lokal yang kreatif.

“Kabupaten Tangerang dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja baru dan peningkatan pendapatan daerah sebagaimana diamanatkan dalam Perpres nomor 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional Tahun 2015-2025,” kata Sandiaga.

Sandi berharap Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat terus menguatkan jejaring stakeholder dan aktor serta pelaku ekonominya sehingga mampu memahami langkah-langkah persiapan untuk menjadi kabupaten kreatif selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *