Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Dr Andi Ony P, M.Si melantik 17 kepala desa (kades) hasil Pilkades Serentak dan Pergantian Antarwaktu (PAW) yang digelar di GSG Puspemkab Tangerang, Jum’at (6/10/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan pelantikan 17 kades tersebut merupakan hasil pilkades serentak sebanyak 15 orang dan 2 orang kades hasil pemilihan PAW yang telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 September 2023 yang lalu. Dia berharap para kepala desa yang dilantik bisa menjalankan tanggung jawab dan amanah dengan baik dan penuh pengabdian.

“Saya berharap tanggung jawab dan amanah yang diemban dapat dilaksanakan dengan penuh pengabdian, keikhlasan dan kejujuran hingga akhir masa jabatan nantinya. Jadilah kepala desa yang profesional yang senantiasa berupaya untuk berinovasi memajukan desa beserta seluruh masyarakatnya,” pesan Pj. Bupati.

Dia menjelaskan, dari 18 pelaksanaan pilkades, ada 1 desa yang masih dalam proses penyelesaian tahapan sehingga pelantikan kades terpilih ditunda sampai proses tahapannya+ selesai.

“Biasanya melalui tahapan di tingkat desa dulu ada waktu 3 hari untuk proses verifikasi. Apabila itu tidak disepakati akan dibawa di tingkat kecamatan itu juga akan berproses saat ini proses sudah dilaksanakan dan kita akan tunggu proses tersebut,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada seluruh kades yang dilantik untuk segera melakukan penyatuan dan mengeratkan kembali masyarakat yang sempat berbeda pilihan saat pilkades.

“Bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa dan lembaga desa yang ada di wilayah. Laksanakan pengelolaan keuangan dengan baik dan transparan dan jangan pula lupa berkonsultasi serta berkoordinasi dengan atasan (Camat) apabila terdapat permasalahan,” pintanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar juga ikut hadir dalam pelantikan kepala desa tersebut. Dia mengungkapkan kehadirannya merupakan suatu keharusan selaku perwakilan dari pemerintah pusat.

“Gubernur menghadiri pelantikan kepala desa ini merupakan suatu keharusan. Saya hadir sebagai wakil dari pemerintah pusat untuk memberikan arahan langsung kepada para kepala desa yang baru saja dilantik,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menandaskan kepada para kepala desa untuk bisa lebih berinovasi di daerahnya masing-masing terlebih dalam mengatasi permasalahan stunting, kemiskinan ekstrem dan investasi yang masih menjadi isu nasional.

“Stunting merupakan permasalahan utama yang diperintahkan oleh presiden untuk segera dituntaskan dan juga kemiskinan ekstrem serta pertumbuhan investasi,” tandas Al Muktabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *