Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih yang digelar di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Senin, 9 Oktober 2023. Upacara tersebut merupakan bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sekitar pukul 18.03 WIB Presiden Jokowi tiba di Lapangan Bela Negara disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto lalu menuju mimbar kehormatan. Upacara kemudian dimulai dengan laporan komandan upacara, Kolonel Pom. Mohammad Achyar, kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Setelah itu, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, upacara penurunan bendera Merah Putih dilakukan yang kemudian disusul dengan kumandang Andhika Bhayangkari. Rangkaian upacara diakhiri dengan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara serta penghormatan kebesaran.

Selepas upacara tersebut, Presiden Jokowi beserta Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali menyaksikan defile pasukan.

Defile tersebut menampilkan pasukan dari tiga matra TNI yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, serta dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, ditambah kadet Universitas Pertahanan dan komponen cadangan.

Ketua Panitia Acara Parade Senja dan Gala Dinner HUT TNI ke-78 Tahun 2023, Brigjen TNI Ariyo Windutomo, menjelaskan bahwa Parade Senja digelar untuk mengingatkan jasa para pahlawan, khususnya prajurit TNI yang berjuang dalam kemerdekaan dan juga dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, upacara juga digelar untuk mewariskan nilai-nilai lintas generasi.

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih dengan rasa bangga kepada Bapak Presiden RI karena telah menyempatkan diri hadir di sini, di mana kehadiran Bapak Presiden di sini melegitimasi pewarisan nilai-nilai lintas generasi. Seperti kita ketahui yang hadir di sini mulai dari para purnawirawan sampai dengan prajurit aktif,” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut yakni Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Upacara juga diikuti oleh para purnawirawan serta atase pertahanan negara sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *